RSS

Petani Kebumen Larang TNI AD Latihan

20 Mei

Kebumen, CyberNews. Personil TNI AD yang akan mengadakan latihan di wilayah pesisir selatan Kabupaten Kebumen mendapat perlawanan dari petani di wilayah Urut Sewu, Senin (11/4). Para petani menggelar aksi pemblokiran di beberapa titik dan jalan desa serta penghadangan di badan jalan.

Ribuan massa sejak pagi berkonsentrasi di Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, tidak jauh dari fasilitas Dislitbang AD yang menjadi pusat latihan dan ujicoba alutsista. Mereka mengancam jika TNI benar-benar melaksanakan latihan petani bakal mengambil tindakan massa.

Imam Zuhdi selaku koordinator aksi, mengatakan aksi digelar sejak malam hari dengan melaksanakan mujahadah dan ritual pembekalan tekad. “Jika TNI-AD nekad latihan di Urut Sewu, maka petani juga akan berbuat serupa,” ujar Imam Zuhdi dalam peryataan aksinya.

Dari pantuan Suara Merdeka, hingga siang hari (11/4), Desa Setrojenas sangat mencekam. Seperti hendak perang, warga membangun benteng-benteng blokade di ruas jalan desa. Para pemuda dan perempuan desa juga akan berpatisipasi dalam gerakan
penolakan ini.

Sedangkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen Bupati Kebumen, H Buyar Winarso SE menggelar pertemuan dengan Kapolres dan Komandan Kodim 0709. Hadir pula Komandan Korem 072 Pamungkas.

Kegentingan semacam ini memang bukan kali pertama terjadi di Urut Sewu. Insiden terakhir terjadi paska aksi FPPKS pada 23 Maret lalu. Nyaris terjadi penghakiman massa terhadap seorang anggota TNI. Massa saat itu mempersenjatai diri dengan bambu runcing. Bahkan petani dan pemuda yang datang dari beberapa desa membawa segala macam senjata tajam.

( Supriyanto / CN27 / JBSM )

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 22 20am5000000amFri, 20 May 2011 05:11:04 +000011 2008 in Uncategorized

 

One response to “Petani Kebumen Larang TNI AD Latihan

  1. Wong Urutsewu

    22 24am7000000amSun, 24 Jul 2011 08:05:41 +000005 2008 at 16:15

    Wilayah urutsewu akan menjadi lebih baik jika semua pihak ikut bertanggung jawab serta berpartisipasi aktif menjaga keamanan, ketertiban juga ketenteraman wilayah. Kejadian Setrojenar adalah ujian dan sudah menjadi bagian dari sejarah (walau pun masih berproses). Kami berupaya agar tidak ada lagi pihak memprovokasi rakyat, tidak ada lagi korban yang jatuh dengan sia-sia… Jika bicara siapa mewakili siapa, lalu kami yg jg wong urutsewu harusnya mewakili siapa?. Biarkan kami mewakili diri kami sendiri dan kami yakin segalanya akan menjadi lebih baik tanpa perlu campur tangan orang/pihak lain.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: