RSS

Kronologi Penyerangan TNI terhadap Petani Urut Sewu Kebumen

18 Apr

Hari ini, 16 April 2011, FPPKS (Forum Paguyuban Petani Kebumen Selatan) mengadakan ziarah kubur ke makam 5 anak yang meninggal terkena jeblugan bom mortir pada 2 Maret 1997. Anggota FPPKS yang melakukan ziarah sebanyak 30an orang, laki dan perempuan. Acara dimulai sekitar pukul 09.30 dengan doa bersama. Makam 5 anak tersebut terletak di dukuh Godi, Setrojenar, sekitar 400 meter dari kantor TNI.

Usai berziarah, rombangan FPPKS mendapat informasi bahwa TNI merusak blokade yang dibuat oleh warga sejak beberapa hari sebelumnya –11 April 2011. Mendengar kabar itu, rombongan menuju ke tempat blokade, bergabung dengan pemuda dan petani Setrojenar yang sudah di tempat, untuk membangun kembali blokade yang rusak. Warga membangun blokade tersebut dengan pohon-pohon yang di tebang di sekitarnya.

Pada hari ini juga, TNI sedang mengadakan latihan di wilayah Ambal, yang letaknya di sebelah timur kecamatan Buluspesantren. Warga meminta agar TNI tidak usah memprovokasi warga Setrojenar dan sekitarnya dengan merusak blokade yang sudah dibuat. Apalagi, latihan TNI berada di wilayah yang cukup jauh di timur lokasi, di kecamatan Ambal.

Selain membangun kembali blokade yang dirusak TNI, sekitar pukul 11.00 WIB, warga membuat beberapa titik blockade tambahan. Termasuk juga merobohkan pintu gerbang utama menuju pusat latihan TNI yang berada di sebelah utara. Pembangunan blockade ini merupakan sikap penentangan terhadap TNI mengadakan kegiatan latihan di tempat itu. Warga menghendaki agar kawasan Urut Sewu, nama untuk daerah pantai Selatan Kebumen, sebagai kawasan pertanian dan pariwisata.

Setelah itu, warga yang kemudian berjumlah sekitar 100 orang bergerak ke arah selatan, hampir mendekati pantai. Dimana disitu dibangun sebuah rumah tingkat tiga yang diperuntukan untuk menara TNI. Bangunan tersebut dibangun di atas tanah warga. Sebagian bangunan tersebut dirusak oleh warga.

Setelah itu, warga kembali ke utara, ke desa. Pada saat kembali, TNI sudah berbaris di jalan dalam kondisi siap tembak. Saat itu, warga berkeyakinan bahwa TNI tidak akan menyerang warga, paling hanya menakut-nakuti. Tapi ternyata keyakinan itu salah, para tentara itu menyerang warga, serta ada yang menembakan peluru tajam. 6 orang terkena tembak. Selain menembak, tentara juga ada yang memukul dengan popor senapan. Barang-barang yang dimiliki warga (seperti handphone) direbut dan dihancurkan tentara.

Ketika kejadian tersebut, polisi tidak ada. Mereka baru datang setelahnya. Mereka yang terkena tembakan dan pukulan dibawa oleh polisi ke Mapolres Kebumen. Karena kondis parah, lalu di bawah ke RSUD kebumen. Sementara beberapa orang diinterogasi di Mapolres Kebumen. Sampai sore, tentara melakukan sweeping ke rumah-rumah warga.

Sampai tulisan ini dibuat, tercatat ada 10 orang yang luka, dan posisinya di rumah sakit. Beberapa warga diinterogasi di Mapolres Kebumen. Beberapa nama korban di bawah ini:
Nama Alamat Tempat dirawat Jenis Luka

  1. Kusriyanto (29 th) Setrojenar RSUD Kebumen Bagian pantat kanan ditembak peluru
  2. Samsudin (27 th) Setrojenar RSUD Kebumen Luka memar bagian punggung kanan, luka robek bagian kepala atas kanan karena dipukul senjata
  3. Surip Supangat (kades Setrojenar) (38 th) Setroejnar RSUD Kebumen Bagian pantat dan tangan karena tembakan
  4. Mustofa (65 th) Setrojenar RSUD kebumen Luka memar, bengkak pada mata kiri dan kepala dipukul popor senjata
  5. Aris Panji (45 th) Divisi Litbang FPPKS RSUD kebumen Luka robek diatas pelipis mata kanan, muka robek, mulut bagian kiri juga robek
  6. Mulyanto (21 th) Setrojenar RSUD kebumen Luka tembak bagian punggung
  7. Kasantri (19 th) Setrojenar RSUD Kebumen, Lulusan STM 2010 Patah tulang kaki kiri
  8. Sarwadi (29 th) Setrojenar RSUD kebumen Luka Tembak bagian paha kanan atas
  9. Ilyas (35-an th) Setrojenar PKU Gombong Luka tembak punggung kiri
  10. Martijo (32 th) Setrojenar RSUD Kebumen Luka Tembak pada bagian tangan kanan

Kebumen, 16 April 2011, pukul 10.30 WIB.

Tulisan dari tuturan Aris Panji, divisi Litbang FPPKS (yang juga menjadi korban) serta lainnya, yang sedang dirawat di RSUD Kebumen (Bersambung.)  http://indipt.org/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 18am4000000amMon, 18 Apr 2011 08:11:04 +000011 2008 in Kronologi Penyerangan TNI terhadap Petani Urut Sewu Kebumen

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: