RSS

Ayo Memanfaatkan Sampah Rumah Tangga

10 Okt

Semakin hari semakin tinggi gunungan sampah di TPA. Di kota kebumen juga menjadi masalah tersendiri karena sampah yang sudah diangkut dari tong-tong dipinggir kota oleh petugas kebersihan hanya dibuang ditempat akhir TPA dan tidak ada pemisahan sampah. Sebagian besar sampah yang masuk ke TPA katanya berasal dari sampah rumah tangga. Iya, sampah rumah kita semua.

Dari pada menggerutu dan menanti-nantikan aksi dari pemerintah, kita bisa memanfaatkan sampah rumah tangga sendiri untuk mengurangi masalah sampah ini. Anda tentu pernah tahu ada beberapa saudara kita yang bekerja sebagai pemulung dari tempat-tempat sampah atau tukang loak yang bisa membeli segala ‘sampah’ dirumah anda umumnya dengan menimbang berat barang yang anda kumpulkan.

Apa yang mereka pulung?

Apapun yang mereka bisa jual kembali baik secara langsung atau tidak langsung kepada para usahawan pendaur ulang. Plastik, bekas gelas/botol minum plastik, botol kaca, kertas, dus, atau apapun yang bisa didaur ulang alias bisa dimanfaatkan kembali.

Semakin bersih benda-benda di atas, semakin baik dan semakin mudah untuk didaur ulang. Kalau sampah yang bisa didaur ulang ini sudah tercampur dengan sampah basah dirumah anda, lebih susah memilahnya dan memanfaatkannya.

Apa yang dimaksud dengan sampah basah?

Segala sampah yang bisa membusuk. Sisa potongan sayur untuk memasak, daging, makanan sisa, daun-daun yang berguguran, potongan rumput, dsb.

Jadi bagaimana caranya memilah sampah?

Idealnya di rumah anda disediakan tiga buah tempat sampah;

1. untuk sampah basah atau kadang disebut sampah organik

2. untuk sampah plastik, kaleng, dan kaca

3. untuk sampah kertas

Sampah plastik, kaleng, kaca, dan kertas bisa anda kumpulkan dan jual ke tukang loak atau dibuang juga ke tempat pembuangan sampah dan kira-kira cukup membantu para pemulung untuk mendapatkan barang yang agak bersih.

Idealnya sih mungkin TPA pemerintah juga terdiri dari tiga kategori pembagian sampah ini,  tapi.. mungkin pemerintah menunggu percontohan dari para warganya dulu

Bagaimana dengan sampah basahnya? Bisa anda buang juga, namun lebih baik dimanfaatkan lagi untuk membuat kompos (pupuk alami) yang bisa dipakai untuk menyuburkan tanaman di pekarangan

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 10am10000000amSun, 10 Oct 2010 10:58:51 +000058 2008 in Ayo Memanfaatkan Sampah Rumah Tangga

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: