RSS

Tip Praktis Pengambilan Gambar dengan Kamera

03 Mei

1 Cara memegang Kamera Video. Peganglah kamera dengan mantap. Gunakan satu tangan untuk memegang kamera dan mengoperasikan kontrol zoom, dan tangan yang lain untuk menjaga agar posisi kamera tidak mudah goyah. dapat digerakkan ke berbagai posisi, tergantung dari sudut pengambilan yang diinginkan – pada banyak kondisi gunakan selalu tripod untuk menjaga gambar tetap stabil.

2. Zoom. Hindarkan penggunaan tehnik zoom untuk merekam pemandangan yang luas tanpa menggunakan tripod. Ini adalah cara dasar untuk menghindari terjadinya guncangan pada gambar yang dapat berakibat tidak bergunanya gambar yang terekam.

3. Suara. Perlu diperhatikan mengenai suara. Bila kita tidak menggunakan earphone, kamera tetap merekam suara-suara latar yang tidak diperlukan, maka jangan mengeluarkan suara yang tak perlu atau berbicara ketika sedang merekam.

4. Peraturan 10 detik. Peraturan penting dalam merekam adalah, rekamlah dalam waktu yang lebih lamadam hindarkan pergerakan-pergerakan kemera yang tidak perlu. Selalu rekam satu kondisi sekurangnya dalam 10 detik. Ini akan memudahkan editor film untuk mengambil potongan-potongan gambar yang diperlukan. Ingat untuk tetap menghitung sampai 10 detik, meskipun pada kondisi yang sulit, 10 detik ini terasa lama.

5. Panning (mengambil gambar bergerak secara horizontal) dan tilting (mengambil gambar bergerak secara vertikal) sebaiknya digunakan secukupnya saja bila ingin mendapatkan gambar dasar dengan berpindah posisi gambar, atau bila kita sudah berpengalaman sebagai operator film. Bila kita memutuskan untuk melakukan panning, gerakkanlah kamera sehalus yang kita bisa. Ingat selalu aturan10 detik untuk setiap gambar diam/statis pada awal dan juga pada akhir pengambilan gambar panning. Selalu lebih baik mengambil banyak gambar statis, dan ingat juga bahwa nantinya gambar yang kita ambil akan diedit kembali oleh editor. Penggunaan panning sebaiknya jangan terlalu lama (antara3-5 detik).

6. Fokus, Exposure and White Balance (keseimbangan warna) . Periksa selalu fokus dan exposure. Bila menggunakan zoom jauh dan dekat fokuskan selalu pada jarak ideal ke objek yang kita inginkan untuk direkam dan ketika kita melakukan zoom jauh semuanya terlihat fokus – bila kita melakukan zoom pada objek terdekat terlebih dahulu lalu kita zoom pada objek lain di kejauhan (contohnya hewan di kejauhan) maka akan membuat gambar sama sekali tidak fokus. Adanya perbedaan antara objek yang samar dan objek utama yang jelas adalah sangat penting. Bahkan objek yang hanya sedikit tidak fokus akan membuat film menjadi tidak berguna. Periksa selalu exposure dan cobalah merekam pada objek yang sama dengan cara manual dan otomatis untuk memastikan kita mendapatkan gambar terbaik yang kita inginkan. Bila kita sudah memiliki banyak pengalaman, hal ini menjadi tidak perlu lagi untuk dilakukan .

7. Tanggal dan Waktu. Jangan pernah memasang tanda tanggal dan waktu pada layar film yang terekam, ini akan membuat film sama sekali tidak dapat digunakan . Penulisan tanggal dan waktu pada layar film tidak membuktikan bahwa film ini diambil pada saat yang tertulis dilayar, karena bisa saja yang tertulis tanggal 5 November 1950-tidak menjamin pengambilan film tersebut pada tahun 1950, bisa saja setiap orang merubah tanggal dan waktu tersebut. Namun, sebaiknya kita selalu merekam suara kita pada awal pengambilan gambar yang menjelaskan kapan gambar tersebut direkam, lokasi dan negara dimana kita merekam gambar- cara inilah yang dapat merekam secara permanen informasi waktu dan tempat pengambilan film. Hal ini sangatlah penting dan seringkali terlupa, dan bila kita lupa apa dan dimana persisnya sebuah gambar diambil, celakalah kita. Bila kita memiliki GPS untuk menunjukkan lokasi kita berada, selalu rekam dengan film pembacaannya dan juga rekam latar belakangnya. Tidak seperti tanda tanggal dan waktu, hal ini dapat memberikan bukti.

8. Cutaways (gambar pengisi). Bila kita merekam sebuah obyek, kegiatan ataupun wawancara kita perlu selalu mengambil gambar yang lain. Sebagai contoh, bila kita merekam sebuah wawancara kita perlu untuk merekam juga kantor orang yang kita wawancarai atau sesuatu yang lain untuk memberikan penjelasan tambahan bagi film wawancara kita. Kita lihat contoh lain, bila kita membuat film tentang orang utan, jangan lupa untuk merekam hutan dimana mereka tinggal dan kebakaran hutan yang merusakan habitatnya. Ini akan membuat sebuah film lebih informatif.

About these ads
 
19 Komentar

Posted by pada 22 3am5000000amSat, 03 May 2008 11:11:28 +000011 2008 in Tips

 

19 responses to “Tip Praktis Pengambilan Gambar dengan Kamera

  1. Cah Watulawang

    22 18pm5000000pmSun, 18 May 2008 12:42:40 +000042 2008 at 16:15

    wah, terima kasih buat tips nya mas

    saya sendiri sangat ingin belajar fotografi tapi masih belum dapat kesempatan

    artikel diatas sangat berguna buat saya,

     
  2. fadli

    22 6am7000000amSun, 06 Jul 2008 02:15:45 +000015 2008 at 16:15

    thank’ to iinfnya. ini merupakan modal bagi saya untuk belajar kameramen. selama ini saya sudah sering mengambil gambar menggunakan handy cam dan saya ingin tahu bagaimana gambar yang baik dan dibutuhkan itu sebenarnya

     
  3. Pendro

    22 8pm7000000pmTue, 08 Jul 2008 16:24:51 +000024 2008 at 16:15

    Infonya boleh juga tuch…, untuk poin no.7 gmana klo diterapkan ketika pengambilan gambar (bukan video)berguna juga gak ya…?
    thanks infonya.

     
  4. adhy

    22 12am7000000amSat, 12 Jul 2008 10:17:21 +000017 2008 at 16:15

    makasih tas infonya
    jujur saja infonya sangat berharaga bagi saya
    bagi2 yach ilmunya, aq pingin banget jadi kameramen, tapi orang tuaku gak mampu tuk membiayai
    aq butuh bantuannya, butuh informasi bagai mana cara pengambilan yg baik dan benar agar enak di lihat
    kirim lewat email q aja maut_perfect@yahoo.com
    makasih sebelumnya tas informasinya
    wassalam… addhy

     
  5. nje'

    22 1am12000000amMon, 01 Dec 2008 05:55:48 +000055 2008 at 16:15

    boleh jg tuh tipsnya apalagi klo pada point pertama ditambahi dengan kontrol pernapasan karna itu kan berpengaruh pada saat pengambilan gambar … jika kita tidak menggunakan tripod .bener nga … lam knal aja mas dari andra TV broadcasting KALBAR

     
    • enyenkvcd

      22 30pm12000000pmWed, 30 Dec 2009 16:31:10 +000031 2008 at 16:15

      salam kenal mas..
      numpang tanya nich..
      mas kalau mengambil gambar dari bebarapa kamera kan perlu yang namanya mixer video, tapi harganya mahal..ga mampu beli.
      apa mas punya pengalaman dengan alat lain yg harganya murah dan ampuh tapi hasil tidak kalah dengan mixer video..

       
  6. noooel

    22 25am5000000amMon, 25 May 2009 09:04:04 +000004 2008 at 16:15

    hmmm siiip gw dapet pengetahuan lagi tapi klu 10 detik kayak nya lama banget..! 5 detik kayaknya pas…!ok deh lam kenal aja…!nuel surabaya…!

     
  7. Klinik Broadcaster

    22 26pm6000000pmFri, 26 Jun 2009 18:55:12 +000055 2008 at 16:15

    WAHA ARTIKEL YAG BAGUS….

    SUMBANG SARAN LAGI NIH KALO BERMANFAAT :

    1. PELAJARI ETIKA CAMRAWAN / KAIDAH.2 JURNALIS BISA BACA DI BLOG SAYA KALO BERMINAT….

    2. PERHATIKAN GARIS IMAJINER, AGAR TIDAK TERJADI JAMPING GAMBAR DAN BAHASA GAMBAR

    3. BIYASAKAN MENGUNAKAN TEKNIK EDIT BY CAM, ATAU CUT TO CUT.

    A: MASTER
    B: CAFER
    C: CAFER

    4. CONTINITY CERITA DIPERTAHANKAN

    5. MASALAH AUDIO PATOKAN STADARD SKR ADALAH +6dB
    ATAU BISA MENGUNAKAN AUDIO AUTO UNTUK MEMFILETER ADMOSFIR DARI LINGKUNGAN.

    JGN LUPA :

    KOMPOSISI DALAM KALIBRASI CAM JGA :

    WB, MAUNUAL/ DAYLIGHT, TAGSTEND UNTUK CAHAYA DALAM RUMAH

    IRES -> AUTO, SUDAH NORAL BARU DO LOOK, HAL TSB ADALAH SUPAYA INTENSITAS CAHAYA DAPAT NORMAL DAN STABIL DAN TIDAK TERJADI HUMING ATW FLIKER…

    SATER SPEAD STADARD 1:60 UNTUK STDANDARD ENG
    STANDARD BROADCST SNJ ADALAH 1:1000

    EMMM MAIH BANYAK LAGI SIH…. SEMENTARA ITU DLU YAH…

    SALAM BROADCASTER MANIA…….

    http://www.avcmediaraya.com

    http://www.jktwebhost.com

    http://www.smsjkt.com

    http://rizkybroadcaster.wordpress.com

     
    • enyenkvcd

      22 30pm12000000pmWed, 30 Dec 2009 16:32:34 +000032 2008 at 16:15

      salam kenal..
      mas numpang tanya nich..
      mas kalau mengambil gambar dari bebarapa kamera kan perlu yang namanya mixer video, tapi harganya mahal..ga mampu beli.
      apa mas punya pengalaman dengan alat lain yg harganya murah dan ampuh tapi hasil tidak kalah dengan mixer video …

       
  8. gita fitriani

    22 26am11000000amThu, 26 Nov 2009 03:21:31 +000021 2008 at 16:15

    thanks berat atas tips indahnya

     
  9. enyenkvcd

    22 30pm12000000pmWed, 30 Dec 2009 16:25:26 +000025 2008 at 16:15

    matur suwun mas …semoga tuhan membalas amal baik mas …

     
  10. enyenkvcd

    22 30pm12000000pmWed, 30 Dec 2009 16:29:19 +000029 2008 at 16:15

    oh ya saya lupa..
    mas kalau mengambil gambar dari bebarapa kamera kan perlu yang namanya mixer video, tapi harganya mahal..ga mampu beli.
    apa mas punya pengalaman dengan alat lain yg harganya murah dan ampuh tapi hasil tidak kalah dengan mixer video

     
  11. fajar amien

    22 29am6000000amTue, 29 Jun 2010 05:11:53 +000011 2008 at 16:15

    apakah anda punya teknik bagi para pemula yang punya keiginan terhadab dunia fotografi walaupun kamera yang di gunakan masih kualitas rendah..!! fajar, kendari

     
  12. debbie

    22 7am7000000amWed, 07 Jul 2010 05:32:35 +000032 2008 at 16:15

    makasi mas atas infonya

    bener2 membantu bangettt :)

     
  13. machfudi

    22 9pm1000000pmSun, 09 Jan 2011 13:49:44 +000049 2008 at 16:15

    ass.wr.wb semoga badan sehat tentunya membentuk jiwa yang sehat pula senantiasa jaga dan rawat secara menyeluruh namanya ka me ra atau kami mengabadikan rasio obyek dalam katagori juga terdiri kaca tapi lebih bagus dari cristal dan di beri negatif film yang pekah akan cahaya tentunya di beri tabir kecepatan akan membuka film menerima tentu di tentukan jarak lensa untuk fokus bro jangan marah kameranya memang tertinggal jaman tidak seperti sekarang serba otomatis mengatur sendiri tapi kalian harus berterima kasih yang membuat karya kalian enak tinggal pakai tanpa terfikirkan yang membuat kamera saya rasa semuanya begitu tidak mungkin kalian menyanjungnya yang membuat mungkin kalian dalam kesendirian kalian menatap kamera kok bisa ya yang membuat kok bisa otomatis saya rasa ya tidak mungkin paling-paling kalian taruh langsung tidur oh ya bro dulu saya pernah mengabadikan kelelawaran yang sedang keluar dari sarangnya terlalu dekat bro saking banyaknya kelelawar sampai menabrak saya memang tidak punya zoom saya memakai kecepatan 500 sampai 1000 obyek seperti diam tapi latar belakang kabur kalau kecepatan 250 masih ada sisa kelebat obyek tersebut kalau normal 125 latar belakang fokus tapi obyek kabur dan juga pernah saya coba menggunakan permainan lampu dan filter penghalus untuk wajah wajah jadi cantik halus seperti bayi tapi kalau buat photograper yang alami semakin bagus bila obyek yang di foto tidak mengetahui dan kalau mengambil gambar ibaratkan kalian sedang melukis tentu hasilnya tidak kalian duga dan untuk lensa mikro untuk obyek kecil sekiranya ada tawon sedang menghisap sari ini juga harus pintar mengambil ibaratkan melukis dan apalagi kalian mengambil gambar sekiranya binatang itu sangat sensitif kalian harus bisa menyamar semisal jadi pohon pokoknya jangan jadi kuwe nanti tambah di kerubuti binatang membuat obyek yang berkarakter harus sabar dan pandai mengibarat kan seperti melukis tentu hasil jangan kuaitir sekian terima kasih .wassallam

     
  14. Andika

    22 6pm4000000pmFri, 06 Apr 2012 20:50:04 +000050 2008 at 16:15

    thanks bangat mas,, saya jadi pengen belajar pengambilan gambar kyk gini.
    karena saya ingin membuat sebuah studio sendiri,, jadi saya belum bisa yang nama nya cara pengambilan gambar..
    thanks bangat tip[s nya.

     
  15. Fadlang

    22 9am7000000amMon, 09 Jul 2012 03:12:04 +000012 2008 at 16:15

    Thanks, am very interested….

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: